Minggu, 13 Mei 2012

Triple Transposition Vigènere Cipher


Triple Transposition Vigènere Cipher adalah metode enkripsi dengan cara mengulang teknik Vigènere Cipher yang setiap plainteksnya dilakukan transposisi terlebih dahulu sebanyak tiga kali dengan menggunakan kunci yang tiap kuncinya harus berbeda satu dengan yang lainnya.
Metode Triple Transposition Vigènere Cipher dapat digambarkan sebagai berikut:

Proses yang terjadi pada Triple Transposition Vigènere Cipher terbagi menjadi dua bagian. Metode transposisi dapat disimbolkan dengan T dan metode substitusi menggunakan vigenere yang disimbolkan dengan E serta kunci untuk melakukan vigenere K. Secara matematis metode Triple Transposition Vigènere Cipher ini dapat dituliskan sebagai:

Proses enkripsi: C = S3(T3(S2(T2(S1(T(P))))))

Bila dijabarkan, cipherteks diperoleh dengan 1 mentransposisikan plainteks, kemudian hasilnya disubstitusi menggunakan kunci pertama, lalu ditransposisikan kembali, lalu disubstitusi dengan
menggunakan kunci yang berbeda dari kunci pertama, disebut saja kunci kedua, setelah itu dilakukan transposisi lagi yang kemudian diakhiri dengan proses substitusi menggunakan kunci ketiga. Substitusi disini menggunakan Vigènere Cipher

Ketiga algoritma transposisi sudah didefinisikan terlebih dahulu dengan suatu kunci atau suatu aturan tertentu setiap kali proses enkripsi metode transposisinya akan selalu tetap.
Untuk metode enkripsi ini, spasi tidak diperhitungkan sehingga lebih baik dihilangkan saja. Rumus untuk transposisi adalah membagi panjang cipherteks dengan suatu kunci tertentu yang ditentukan oleh pengguna yang kemudian teks dibaca secara vertikal dari kolom pertama.
Sebagai ilustrasinya perhatikan contoh dibawah ini:

Proses dekripsi dapat dilakukan dengan arah  sebaliknya. Bila dirumuskan maka akan terlihat sebagai berikut: 

Proses dekripsi: P = T1’(S1’(T2’(S2’(T3’(S’(C))))))

Maksud T’ disini adalah transposisi kebalikkannya dan S’ adalah substitusi kebalikannya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar