Rabu, 16 Mei 2012

Remote Server Ubuntu


Sekarang saya akan menuliskan tentang cara untuk meremote server pada ubuntu. Untuk aplikasi pada server ubuntu, saya gunakan open ssh. Berikut langkah-langkah penginstalannya :
1.       Masuk dulu ke ubuntu nya.
2.       Pastikan ada koneksi internet.
3.       Jalankan terminal (Ctrl + Alt + T)
4.       Kemudian jalankan perintah
Sudo apt-get install openssh-server
Aplikasi akan didownload dan kemudian di install secara otomatis. Nggak pake lama kok, file nya kecil.
5.       Setelah selesai install, sekarang kita konfigurasi openssh nya. Jalankan perintah
gksu gedit /etc/ssh/sshd_config
kemudian akan tampil:

6.       Untuk saat ini kita hanya akan merubah portnya saja.
Kalo saya meubahnya menjadi 2221.
7.       Setelah dirubah kemudian di Save.
8.       Restart open ssh-nya. Caranya jalankan perintah
Sudo su
Service ssh restart

Ok.....SSH sudah terinstall. Langkah berikutnya buat password untuk root nya. Caranya :
1.       Masuk ke terminal (Ctrl + Alt + T)
2.       Jalankan perintah
Sudo su
Passwd root
Lalu isikan password nya

Untuk pengguna Windows bisa menggunakan aplikasi putty untuk melakukan remote server. Aplikasi putty ini merupakan aplikasi portable. Aplikasinya bisa didownload disini


3 komentar:

  1. saya sudah membuat server ubuntu.. di tempat teman saya berhasil, ketika di bawa ke tempat saya tidak bisa. apakah di blok oleh mikrotik saya, karena mikrotik saya di buat oleh orang lain.. di mikrotik port ssh udah di buka.. atau kah ada masalah lain

    BalasHapus
  2. kalau boleh tau, error nya di sebelah mana gan ???
    (mf baru dibalas, nggak nyadar kalo ada yang komen)

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

    BalasHapus