Kamis, 24 Mei 2012

Sejarah Virus


Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949, salah seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya.

Kemudian pada tahun 1960 para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh John V Neuman, mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk suatu jenis permainan/game. Para ahli tersebut membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Perang program ini disebut Core War, yaitu pemenangnya adalah pemilik program sisa terbanyak dalam selang waktu tertentu. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit ditiap-tiap lab komputer. semakin lama mereka pun sadar dan mulai mewaspadai permainan ini dikarenakan program yang diciptakan makin lama makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat dan juga setiap selesai permainan, program tersebut selalu dimusnahkan.

Pada awal tahun 1970-an Virus Scan Software menemukan virus pertama kali, dimana dua program komputer yang diberi nama Pervading Animal dan Christmas Tree menginfeksi sistem berbasis Univac 1108 dan IBM 360/370. Karena sifatnya tidak merusak, kedua program ini belum dikenal sebagai virus.
Namun sumber-sumber lain seperti wikipedia menyebutkan sebuah program komputer bernama “Elk Cloner” diyakini sebagai virus komputer pertama yang dibuat Rich Screnta pada tahun 1982 dan menyebar pada sistem operasi Apple Disk Operating System (DOS) Versi 3.3 melalui media floppy disk.
Masih di tahun 1970-an perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang digunakan untuk membantu kelancaran kerja. Struktur programnya menyerupai virus, namun program ini adalah untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan pada waktu yang bersamaan dua tugas dapat dilakukan.

Pada tahun 1980-an, perang virus di dunia terbuka bermula atas pemaparan Fred Cohen, seorang peneliti dan asisten profesor di Universitas Cincinati, Ohio. Dalam pemaparannya, Fred juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaannya, yaitu suatu virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer.
Pada tahun 1987 muncul jenis virus baru yang mulai menerapkan algoritma replikasi di kode programnya. Sebut saja the Leigh,virus yang menginfeksi file command.com ini berhasil menular ke banyak sistem yang mengoperasikan DOS. Ternyata banyak yang terinspirasi dengan The Leigh ini, karena setahun berikutnya muncul virus Jerussalem yang menginfeksi hanya pada tgl 13 tiap bulannya.Jerussalem dikenal sebagai virus pertama yang dikategorikan penyebab kerusakan.virus ini menghapus program yang sedang berjalan pada tgl penularan.

Virus komputer yang pertama menyebar di Indonesia pada tahun 1988. Virus yang begitu menggemparkan seluruh pemakai komputer di Indonesia, saat itu, adalah virus ©Brain yang dikenal dengan nama virus Pakistan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar