Selasa, 29 Mei 2012

Repository Ubuntu

Selama saya bermain di ubuntu, pasti selalu denger sama yang namanya repo (repository maksudnya). Tapi, apa sih repo itu? Berikut merupakan penjelasan singkat tentang repository.
 Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. Namun, repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memliki koneksi internet yang cepat. DVD-DVD repository ini dapat kita peroleh dengan memesannya melalui toko linux online yang ada seperti Baliwae, GudangLinux, Juragan Kambing ataupun lainnya (tapi bayar yah, meskipun softwarenya semua gratis...hahaha).
Repository Ubuntu terdiri atas 4 komponen, yakni main (kumpulan aplikasi/software yang secara penuh didukung oleh tim Ubuntu), restricted (kumpulan aplikasi/software yang didukung oleh tim Ubuntu tetapi tidak tersedia dibawah lisensi bebas secara penuh), universe (kumpulan aplikasi/software yang dikelola oleh komunitas Ubuntu), dan multiverse (kumpulan aplikasi/software yang “not free”). CD untuk Instalasi Ubuntu yang sering digunakan biasanya berisi aplikasi-aplikasi/software yang merupakan bagian dari komponen main dan restricted.
Untuk melihat repository apa yang kita gunakan kita dapat melihatnya dengan perintah :

sudo gedit /etc/apt/sources.list 


Untuk default repository biasanya digunakan yang dari server ubuntunya. Tapi kita bisa menggantinya dengan repository lokal seperti kambing UI atau UGM. Selepas dari itu, ada apa aja di sources.list itu.


  • deb : repository ini berisi file-file binaries atau precompiled packages. repository ini dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna.
  • deb-src : repository ini berisi source code dari package yang ada dan ini berguna bagi developer.
  • http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu/ : ini merupakan alamat atau lokasi di internet.
  • hardy : release name dan versi dari distribusi ubuntu yang kita gunakan.
  • main & restricted : merupakan bagian dari components.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar